Anemia, kenali tanda dan gejalanya!

Red_blood_cells.svg_.png

Halo sobat Zywie, tahukah kamu apa itu anemia?

 

Anemia sering diartikan dengan kurang darah atau lebih jelasnya suatu keadaan dimana terdapat gangguan/masalah pada sel darah merah ditandai dengan menurunnya kadar Hemoglobin (Hb) atau Hematokrit (Ht) di bawah nilai normal [1].

 

Anemia merupakan masalah gizi masyarakat yang sudah mendunia. Pengidap Anemia banyak terdapat di negara-negara berkembang seperti Indonesia [2]. Anemia dapat disebabkan oleh faktor gizi dan juga penyakit [3]. Kekurangan zat gizi seperti protein, besi, vitamin c, vitamin e, asam folat, vitamin b6, vitamin b12, vitamin k, tembaga dan riboflavin dapat mengganggu pembentukan sel darah merah [3]. Kekurangan zat gizi ini menyebabkan anemia yang disebut anemia gizi. Anemia lainnya berkaitan dengan penyakit dan kehilangan darah dalam jumlah besar (luka/kecelakaan dan menstruasi) [3].

 

Apa tanda dan gejala anemia?

Anemia bisa terjadi pada siapa saja terutama remaja putri dan ibu hamil yang sangat berisiko mengalami anemia. Berikut tanda dan gejala anemia yang kamu perlu tahu [1]:

  • Pusing, sakit kepala dan vertigo
  • Lelah dan sulit tidur
  • Sulit berkonsentrasi
  • Pucat terutapa pada konjungtiva
  • Mengalami penuruan outpt urin
  • Nyeri dada dan jantung berdebar
  • Perubahan status mental (cepat marah)

 

Cek apakah sobat Zywielab atau orang-orang terdekat mempunyai tanda dan gejala anemia yang tersebut diatas. Jika sobat Zywielab mengalami salah satu dari hal di atas kemungkinan kamu mengalami anemia dan segeralah konsultasikan ke dokter. Mari cegah anemia dengan menerapkan pola hidup sehat sesuai pedoman gizi seimbang.

 

Disclaimer: Artikel yang terkandung dalam situs ini disajikan untuk digunakan sebagai informasi tambahan. Artikel di dalam situs zywielab.com ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan perawatan medis profesional atau rekomendasi terhadap suatu individu dari ahli gizi profesional. Artikel yang ada di dalam situs ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk diagnosis atau pilihan pengobatan. Semua pengobatan yang anda lakukan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter dengan pemeriksaan secara langsung. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain kecuali jika diberikan referensi secara spesifik. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan. Jika Anda menemukan sesuatu yang harus diperbaiki dalam artikel ini, silakan hubungi kontak@zywielab.com

 

Lisensi: Lisensi artikel ini adalah Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit dan hanya karya verbatim saja untuk tujuan nonkomersial saja. Untuk lisensi komersial dan edukasi silahkan menghubungi kami di lisensi@zywielab.com

Referensi

Tentang Penulis dan Penyunting

Muh. Nur Hasan Syah S.Gz., M.Kes.
UNHAS, Gizi Masyarakat dan Kebijakan Gizi, Dosen, Peneliti
Muh. Nur Hasan Syah yang memiliki nama panggilan Anca merupakan dosen dan peneliti di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Sebelumnya di Tahun 2010 dia telah menamatkan program sarjana dan masternya dengan latar belakang keilmuan pada bidang gizi di Universitas Hasanuddin, Makassar. Anca mengkhususkan fokus studinya pada gizi masyarakat dan kebijakan gizi.
Dipl-Ing Arradi Nur Rizal M.Sc.
Founder, Reviewer, The Science of Gastronomy
Rizal, sebagai pencetus Zywie laboratorium, walaupun memiliki latar belakang di bidang teknik dan bisnis, mempunyai perhatian lebih terhadap pendidikan kesehatan dan gizi di masyarakat. Perhatian ini muncul ketika Rizal sedang mempelajari "The Science of Gastronomy". Sekarang Rizal sedang bekerja di Lund University, Swedia.