Cegah Demensia dengan 4 Hal ini

Apakah Anda sering pelupa? Berpikir? Atau gangguan penglihatan dan berbicara. Jika Iya, berarti Anda memiliki ciri-ciri untuk terkena Demensia?

 

Apa sih sebenarnya Demensia ?

Demensia merupakan suatu sindrom degenaratif pada otak yang berpengaruh dalam penurunan fungsi daya ingat, berpikir emosi, dan perilaku [1]. Demensia biasa terjadi pada Lansia (Lanjut Usia). Tetapi banyak juga penelitian yang menjelaskan bahwa Demensia bisa terjadi pada orang dewasa [1].

 

Demensia terjadi karena kekurangan oksigen, vitamin E, serta adanya penyakit infeksi yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan otak. Selain itu bisa disebabkan karena penyakit degeneratif, seperti Diabetes, Jantung dan Stroke [1].

 

Lalu, Bagaimana Pencegahannya ?

Saat ini, ada empat cara dalam mencegah terjadinya Demensia [1,2].  Pertama membaca, karena dengan membaca fungsi kerja otak akan terus terasah. Kedua, melakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk mengikuti tes kemampuan mengingat. Ketiga melakukan olahraga ringan, seperti berjalan, jogging dan renang. Gunanya ntuk meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Dan keempat sering untuk mengkonsumsi sayuran buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi untuk tubuh dan otak. Kalau sudah tahu cara pencegahanya, ayo segera lakukan empat hal diatas untuk cegah Demensia sebelum terlambat. Sayangi kemampuan otak Anda sekarang.

Disclaimer: Artikel yang terkandung dalam situs ini disajikan untuk digunakan sebagai informasi tambahan. Artikel di dalam situs zywielab.com ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan perawatan medis profesional atau rekomendasi terhadap suatu individu dari ahli gizi profesional. Artikel yang ada di dalam situs ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk diagnosis atau pilihan pengobatan. Semua pengobatan yang anda lakukan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter dengan pemeriksaan secara langsung. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain kecuali jika diberikan referensi secara spesifik. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan. Jika Anda menemukan sesuatu yang harus diperbaiki dalam artikel ini, silakan hubungi kontak@zywielab.com

 

Lisensi: Lisensi artikel ini adalah Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit dan hanya karya verbatim saja untuk tujuan nonkomersial saja. Untuk lisensi komersial dan edukasi silahkan menghubungi kami di lisensi@zywielab.com

Referensi

Tentang Penulis dan Penyunting

Dipo Wicaksono S.K.M. M.K.M
Universitas Indonesia, Gizi Kesehatan Masyarakat, Dosen, Peneliti
Dipo sekarang bekerja sebagai dosen ilmu gizi di salah satu Universitas Swasta di Jakarta. Selain menjadi dosen, Dipo juga sebagai peneliti, baik peneliti di pemerintah maupun di tempat almamaternya di Universitas Indonesia (UI).