Kontrol Hipertensi dengan DASH!

Jika kamu sudah membaca artikel tentang mengontrol hipertensi di link ini, kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah DASH, yaitu Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet DASH merupakan pola makan yang direkomendasikan untuk mengontrol tekanan darah kita [1,2]. Sebenarnya, apa sih diet DASH itu? Bagaimana melakukannya?

 

Fokus utama diet DASH adalah mengkonsumsi makanan kaya zat gizi yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, seperti kalium, kalsium, magnesium, protein, dan serat. Diet ini juga membatasi asupan lemak total dan gula [2]. Kendati demikian, pola makan ini tetap mengikuti komposisi gizi seimbang, hanya jenis makanannya saja yang disesuaikan agar meningkatkan zat gizi yang disebutkan di atas [3]. Berikut ini tabel yang menggambarkan porsi makan diet DASH berdasarkan hitungan 2000 kalori/hari.

 

Tabel 1. Pola Makan diet DASH 2000 kalori/hari [2,3]

Tabel DASH

 

Apabila kamu membutuhkan penurunan berat badan untuk memaksimalkan penurunan tekanan darah, kamu perlu mengikuti diet DASH dengan jumlah kalori yang lebih rendah. Pada kondisi ini, kelompok makanan yang sebaiknya dikurangi adalah makanan manis atau gula menjadi ≤2 porsi/minggu, lemak dan minyak menjadi 2 porsi/hari, dan kacang-kacangan menjadi 3 porsi/minggu. Kelompok lainnya juga dapat dikurangi untuk menyesuaikan kalori, namun tidak kurang dari nilai batas bawah yang terdapat pada tabel tersebut [2].

 

Selain itu, diet DASH dapat dikombinasikan dengan mengurangi konsumsi natrium menjadi sebanyak 2300mg/hari (level sedang) atau 1500 mg/hari (level rendah) untuk memperoleh hasil penurunan tekanan darah yang lebih besar [2,4,5,6]. Jumlah 2300 mg natrium setara dengan 6 gram garam dapur (1 sendok teh), sedangkan 1500 mg natrium setara dengan 4 gram garam dapur (2/3 sendok teh) [2]. Namun, penelitian menunjukkan diet DASH dengan konsumsi natrium 3500 mg/hari (level tinggi) juga sudah dapat menurunkan tekanan darah dengan cukup signifikan [4,5]. Pada prinsipnya, kamu hanya perlu bijaksana dalam mengkonsumsi natrium agar tidak berlebihan.

 

Jadi, bagaimana kamu menentukan target diet DASH kamu? Semua bergantung pada kondisi kamu saat memulainya. Kamu dapat mengikuti panduan diet DASH dengan kalori lebih rendah jika berat badanmu berlebih. Pembatasan konsumsi natrium juga ditentukan oleh seberapa besar tekanan darah yang perlu diturunkan. Selama tekanan darah kamu dapat terkontrol tanpa mereduksi konsumsi natrium sampai ke tingkat rendah, mengkombinasikan diet DASH dengan perubahan aktivitas fisik adalah pilihan yang lebih tepat.

Disclaimer: Artikel yang terkandung dalam situs ini disajikan untuk digunakan sebagai informasi tambahan. Artikel di dalam situs zywielab.com ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan perawatan medis profesional atau rekomendasi terhadap suatu individu dari ahli gizi profesional. Artikel yang ada di dalam situs ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk diagnosis atau pilihan pengobatan. Semua pengobatan yang anda lakukan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter dengan pemeriksaan secara langsung. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain kecuali jika diberikan referensi secara spesifik. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan. Jika Anda menemukan sesuatu yang harus diperbaiki dalam artikel ini, silakan hubungi kontak@zywielab.com

 

Lisensi: Lisensi artikel ini adalah Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit dan hanya karya verbatim saja untuk tujuan nonkomersial saja. Untuk lisensi komersial dan edukasi silahkan menghubungi kami di lisensi@zywielab.com

Referensi

  1. Effects on Blood Pressure of Reduced Dietary Sodium and the Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) Diet

    Sacks FM, Svetkey LP, Vollmer WM, Appel LJ, Bray GA, Harsha D, et al.. Effects on Blood Pressure of Reduced Dietary Sodium and the Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) Diet. New England Journal of MedicineNew England Journal of Medicine [Internet]. 2001 [cited 2016-03-17 09:58:31];344(1):3-10. http://dx.doi.org/10.1056/NEJM200101043440101
  2. Dietary Interventions on Blood Pressure: The Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) Trials

Tentang Penulis dan Penyunting

cindy's picture
dr. Besthari Anindita Pramitasari
Universitas Indonesia, Dokter
Besthari merupakan dokter umum alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) lulusan tahun 2015 yang memiliki ketertarikan di bidang gizi. Disamping profesinya sebagai dokter, Besthari memiliki ketertarikan sendiri di bidang art & design¸serta entrepreneurship. Besthari telah mengikuti berbagai program dan pelatihan di bidang gizi, art & design, serta entrepreneurship. Saat ini...
rizal's picture
Dipl-Ing Arradi Nur Rizal M.Sc.
Founder, Reviewer, The Science of Gastronomy
Rizal, sebagai pencetus Zywie laboratorium, walaupun memiliki latar belakang di bidang teknik dan bisnis, mempunyai perhatian lebih terhadap pendidikan kesehatan dan gizi di masyarakat. Perhatian ini muncul ketika Rizal sedang mempelajari "The Science of Gastronomy". Sekarang Rizal sedang bekerja di Lund University, Swedia.