Kurma dan Keajaibannya

 

Manis dan ringan. Buah kurma bisa dibilang disenangi oleh hampir semua kalangan. Dengan bantuan teknologi dan distribusi, kini kita bisa menikmati buah gurun ini bahkan di negara kita yang tropis. Secara ringkas, kandungan gizi buah ini bisa dilihat di artikel berikut. Nah, mari kita tinjau lebih dalam lagi kemampuan buah ini dalam memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

 

Melihat sejarah buah hitam coklat ini di daerah asalnya, ternyata buah kurma sejak dahulu kala telah terkenal akan manfaatnya. Misalnya saja sebuah survei etnomedis di tenggara Moroko menunjukkan bahwa warga di sana menggunakan buah kurma sebagai salah satu pilihan tanaman tradisional untuk penyakit hipertensi dan diabetes mellitus (1). Bahkan pada masa Mesir kuno, buah ini digunakan sebagai obat cinta.

 

Ditinjau secara farmakologis, beberapa studi tentang efek dari kurma terangkum dalam daftar berikut:

Kemampuan Farmakologis

Keterangan dan Referensi

Studi in vitro (dengan sel)

Aktivitas Antioksidan

Melepaskan radikal bebas (3-5)

Aktivitas Antimutagenik    

Mencegah sel termutasi (3)

Aktivitas Antihemolitik

Mencegah rusaknya sel darah merah (6)

Aktivitas Antiviral

Mencegah pertumbuhan salah satu jenis virus (7)

Aktivitas Antifungal

Mencegah pertumbuhan beberapa jenis jamur (8)

Studi dengan Hewan

Aktivitas Anti-inflamasi

Mencegah gejala peradangan (9)

Aktif dalam Saluran Pencernaan

Meningkatkan waktu transit di saluran pencernaan (10)

Aktivitas Antihiperlipidemik

Mengurangi plasma trigliserida, kolesterol total dan LDL (11)

Aktivitas Hepatoprotektif

Mencegah kerusakan pada liver (12)

Aktivitas Nefroprotektif    

Mencegah kerusakan pada ginjal (13)

Aktivitas Antikanker

Mencegah penyakit kanker (14)

Aktivitas Immunostimulan

Meningkatkan kemampuan imunitas tubuh (15)

Aktivitas Gonadotropik

Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan & reproduksi (16-17)

 
 

Itulah beberapa kemampuan buah kurma dari sisi farmakologis. Memang penelitian pada manusia langsung akan butuh waktu yang panjang. Namun bisa jadi di manusia sendiri mungkin justru lebih banyak memberikan manfaat ketimbang pada sel dan hewan uji. Mari kita nikmati rasa dan manfaat dari buah gurun ini bersama keluarga dan sahabat!

Disclaimer: Artikel yang terkandung dalam situs ini disajikan untuk digunakan sebagai informasi tambahan. Artikel di dalam situs zywielab.com ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan perawatan medis profesional atau rekomendasi terhadap suatu individu dari ahli gizi profesional. Artikel yang ada di dalam situs ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk diagnosis atau pilihan pengobatan. Semua pengobatan yang anda lakukan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter dengan pemeriksaan secara langsung. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain kecuali jika diberikan referensi secara spesifik. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan. Jika Anda menemukan sesuatu yang harus diperbaiki dalam artikel ini, silakan hubungi kontak@zywielab.com

 

Lisensi: Lisensi artikel ini adalah Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit dan hanya karya verbatim saja untuk tujuan nonkomersial saja. Untuk lisensi komersial dan edukasi silahkan menghubungi kami di lisensi@zywielab.com

Referensi

  1. Ethnopharmacological survey of plants used in traditional treatment of hypertension and diabetes in south-eastern Morocco (Errachidia province)

  2. A review of the chemistry and pharmacology of the date fruits (Phoenix dactylifera L.)

  3. Antioxidant and Antimutagenic Properties of Aqueous Extract of Date Fruit ( Phoenix dactylifera L. Arecaceae)

  4. Phenolic profile and antioxidant activity of the Algerian ripe date palm fruit (Phoenix dactylifera L.)

  5. Simple phenolic composition, flavonoid contents and antioxidant capacities in water-methanol extracts of Tunisian common date cultivars (Phoenixdactylifera L.)

  6. Effect of Date Fruits, Phoenix Dactyliferia L., on the Hemolytic Activity of Streptolysin O

  7. Gastrointestinal transit in mice treated with various extracts of date (Phoenix dactylifera L.)

  8. Protective effect of date palm fruit extract (Phoenix dactylifera L.) on dimethoate induced-oxidative stress in rat liver

  9. Nephroprotective Action of Phoenix dactylifera. in Gentamicin-Induced Nephrotoxicity

  10. The anti-cancer activity of polysaccharide prepared from Libyan dates (Phoenix dactylifera L.)

  11. Immunostimulant activity of dry fruits and plant materials used in Indian traditional medical system for mothers after childbirth and invalids

Tentang Penulis dan Penyunting

rifqi's picture
Rifqi Ahmad Riyanto S.Si., M.Sc.
ITB - Mikrobiologi, KNRTU - Food Technology
Kazan National Research Technological University, Rusia menjadi tempat menempuh pendidikan magister bagi Rifqi saat ini dalam bidang Teknologi Pangan. Selain aktif dalam bidang sains, saat ini juga aktif sebagai relawan untuk salah satu lembaga non-profit yang bergerak di bidang sosial.
rizal's picture
Dipl-Ing Arradi Nur Rizal M.Sc.
Founder, Reviewer, The Science of Gastronomy
Rizal, sebagai pencetus Zywie laboratorium, walaupun memiliki latar belakang di bidang teknik dan bisnis, mempunyai perhatian lebih terhadap pendidikan kesehatan dan gizi di masyarakat. Perhatian ini muncul ketika Rizal sedang mempelajari "The Science of Gastronomy". Sekarang Rizal sedang bekerja di Lund University, Swedia.