Menjaga Berat Badan yang Sehat!

Semua orang pasti setuju bahwa sehat itu membawa banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga berat badan. Namun, berat badan kamu belum tentu memberi manfaat yang sama jika perilaku kehidupan sehari-hari kamu, seperti pola makan atau aktivitas fisik tidak sesuai. Mengapa? Karena hanya berat badan sehatlah yang melindungi kamu dari berbagai macam penyakit. Pelajari konsep berat badan sehat di link ini.

 

Jadi, bagaimana cara mencapai berat badan yang sehat?

 

Berikut ini rekomendasi untuk orang dewasa dalam menjalankan pola makan dan aktivitas sehari-hari untuk menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan kamu.

  1. Pola makan

Pola makan sebaiknya mengikuti pedoman gizi seimbang. Langkah termudah yang dapat kamu lakukan adalah mengkonsumsi beraneka ragam makanan. Hal ini dikarenakan tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi, misalnya nasi mengandung karbohidrat tinggi tetapi sedikit mineral dan vitamin; sebaliknya buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral tetapi sedikit karbohidrat, protein, atau lemak. Bagaimana dengan porsinya? Prinsip keanekaragaman makanan juga harus diikuti dengan proporsi makanan yang seimbang, tidak berlebihan maupun kurang [1].

 

Selain memantau jenis makanan, kita juga dianjurkan untuk memantau berat badan kita secara teratur. Tujuannnya untuk mengetahui lebih cepat jika diketahui terdapat penyimpangan berat badan sehingga dapat dilakukan langkah pencegahan lebih dini [1]. Bagaimanapun penyimpangan berat badan yang sedikit lebih mudah ditangani bukan?

 

  1. Pola aktivitas

Aktivitas fisik diketahui memiliki hubungan yang kuat dengan kualitas kesehatan [2]. Beberapa penyakit telah diketahui memiliki hubungan dengan aktivitas fisik yang kurang, misalnya diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, bahkan fungsi kognitif [2,3]. Untuk menjaga kualitas kesehatan tersebut, aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk kelompok dewasa (18-65 tahun) adalah:

  • Setidaknya melakukan sebanyak 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang per minggu atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas berat per minggu atau kombinasi keduanya [3]. Rekomendasi ini dapat dicapai dengan berjalan cepat (aktivitas aerobik intensitas sedang) sebanyak 30 menit/hari dalam 5 hari atau kegiatan jogging (aktivitas aerobik intensitas berat) sebanyak 20 menit/hari selama 4 hari [3,4].
  • Aktivitas tersebut perlu dilakukan minimal 10 menit dalam sekali aktivitas tanpa henti untuk mendapatkan manfaatnya [5,6]. Jadi, aktivitas berjalan dari tempat parkir atau di sekitar kantor yang pada umumnya <10 menit tidak dapat diperhitungkan [4].
  • Dianjurkan untuk melakukan latihan kekuatan otot sebanyak 2 kali dalam seminggu [5,6] dengan pengulangan sebanyak 8-12 kali [4].
  • Untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, kamu dapat meningkatkan durasi aktivitas aerobik sedang menjadi 300 menit per minggu atau 150 menit aktivitas aerobik berat per minggu atau kombinasi keduanya [4]. Jika kamu masih tahap permulaan, sebaiknya dimulai perlahan hingga mencapai target minimal yang tertera pada poin pertama terlebih dahulu.

 

Disclaimer: Artikel yang terkandung dalam situs ini disajikan untuk digunakan sebagai informasi tambahan. Artikel di dalam situs zywielab.com ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan perawatan medis profesional atau rekomendasi terhadap suatu individu dari ahli gizi profesional. Artikel yang ada di dalam situs ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk diagnosis atau pilihan pengobatan. Semua pengobatan yang anda lakukan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter dengan pemeriksaan secara langsung. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain kecuali jika diberikan referensi secara spesifik. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan. Jika Anda menemukan sesuatu yang harus diperbaiki dalam artikel ini, silakan hubungi kontak@zywielab.com

 

Lisensi: Lisensi artikel ini adalah Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit dan hanya karya verbatim saja untuk tujuan nonkomersial saja. Untuk lisensi komersial dan edukasi silahkan menghubungi kami di lisensi@zywielab.com

Referensi

  1. Physical activity and public health: updated recommendation for adults from the American College of Sports Medicine and the American Heart Association

Tentang Penulis dan Penyunting

cindy's picture
dr. Besthari Anindita Pramitasari
Universitas Indonesia, Dokter
Besthari merupakan dokter umum alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) lulusan tahun 2015 yang memiliki ketertarikan di bidang gizi. Disamping profesinya sebagai dokter, Besthari memiliki ketertarikan sendiri di bidang art & design¸serta entrepreneurship. Besthari telah mengikuti berbagai program dan pelatihan di bidang gizi, art & design, serta entrepreneurship. Saat ini...
rizal's picture
Dipl-Ing Arradi Nur Rizal M.Sc.
Founder, Reviewer, The Science of Gastronomy
Rizal, sebagai pencetus Zywie laboratorium, walaupun memiliki latar belakang di bidang teknik dan bisnis, mempunyai perhatian lebih terhadap pendidikan kesehatan dan gizi di masyarakat. Perhatian ini muncul ketika Rizal sedang mempelajari "The Science of Gastronomy". Sekarang Rizal sedang bekerja di Lund University, Swedia.