Sarapan dan Nasi

Rice.jpg

Halo sobat zywie! Kali ini kami akan membahas mengenai makan nasi saat sarapan. Setiap orang mempunyai kebiasaan makan tertentu, seperti kebiasaan makan pagi atau sarapan. Ada yang terbiasa sarapan, ada juga yang tidak sarapan. Selain itu, ada yang sarapan dengan pola makan tertentu seperti tidak makan nasi karena takut gemuk, ngantuk dan sebagainya. Kamu termasuk yang mana sobat zywie?

 

Tahukah kamu mengapa kita perlu sarapan di pagi hari? Dan waktu yang tepat untuk sarapan itu kapan ya? yuk simak penjelasan berikut!

 

Sarapan di pagi hari penting untuk menunjang aktifitas kita. Sarapan terbukti baik untuk fungsi kognitif otak yaitu kemampuan otak dalam mengingat, berpikir, dan menalarkan sesuatu (1). Karena itu sarapan baik bagi anak sekolah dan dapat meningkatkan prestasi (2). Membiasakan sarapan yang bergizi juga memiliki manfaat jangka panjang. Penelitian membuktikan bahwa makan pagi yang bergizi dapat mengurangi obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes (3).

 

Seperti apakah makanan yang bergizi dan sehat untuk sarapan?

Pola makan yang sehat tentunya tidak terlepas dari prinsip gizi seimbang yaitu konsumsi makanan yang beranekaragam (5). Menurut U.S. News & World Report 2012, sarapan yang bergizi sebaiknya mengandung protein tanpa lemak seperti telur, keju, kacang dan yogurt. Untuk menemani protein, perlu juga dibarengi dengan konsumsi karbohidrat seperti sereal, roti, wafel atau pancake. Dan jangan lupa, tambahkan juga sayuran dan buah-buahan (6).

 

Sarapan juga merupakan salah satu pesan dari Pedoman Gizi Seimbang 2014. Sarapan yang baik terdiri dari pangan karbohidrat, pangan lauk-pauk, sayuran atau buah-buahan dan minuman. Bagi orang yang tidak biasa makan kudapan pagi dan kudapan siang, porsi makanan saat sarapan sekitar sepertiga dari total makanan sehari. Bagi orang yang biasa makan kudapan pagi dan makanan kudapan siang, porsi makanan sarapan sebaiknya seperempat dari makanan harian (5).

 

Sarapan merupakan salah satu cara untuk membangunkan sistem biologis tubuh kita dan juga sebagai sumber energi dan zat gizi (4). Saat bangun, lambung kita dalam keadaan kosong tanpa makanan sehingga perlu asupan agar tubuh dapat bekerja dengan baik. Berdasarkan pedoman gizi seimbang, kita dianjurkan sarapan antara bangun pagi sampai dengan pukul 09.00, dikarenakan lambung kita sedang dalam kondisi kuat. Lambung akan menyerap makanan dengan baik pada waktu ini (5). Sarapan akan memenuhi kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) kamu (5).

 

Makan nasi pada saat sarapan

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang mengandung 175 kalori (4 gram protein dan 40 gram karbohidrat) setiap porsinya (100 gram). Tidak ada larangan untuk konsumsi nasi pada saat sarapan. Kamu dapat menjadikan nasi sebagai makanan pokok di pagi hari, namun yang perlu diperhatikan adalah porsi dari nasi tersebut. Kamu harus mengatur porsi nasi sesuai kebutuhan (5). Konsumsi nasi yang berlebih berisiko menyebabkan obesitas dan diabetes serta penyakit metabolik lainnya (7).

Disclaimer: Artikel yang terkandung dalam situs ini disajikan untuk digunakan sebagai informasi tambahan. Artikel di dalam situs zywielab.com ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan perawatan medis profesional atau rekomendasi terhadap suatu individu dari ahli gizi profesional. Artikel yang ada di dalam situs ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk diagnosis atau pilihan pengobatan. Semua pengobatan yang anda lakukan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter dengan pemeriksaan secara langsung. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain kecuali jika diberikan referensi secara spesifik. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan. Jika Anda menemukan sesuatu yang harus diperbaiki dalam artikel ini, silakan hubungi kontak@zywielab.com

 

Lisensi: Lisensi artikel ini adalah Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit dan hanya karya verbatim saja untuk tujuan nonkomersial saja. Untuk lisensi komersial dan edukasi silahkan menghubungi kami di lisensi@zywielab.com

Referensi

  1. A Systematic Review of The Effect of Breakfast on The Cognitive Performance of Children and Adolescents

  2. Consumption of Breakfast and Type of Breakfast Consumed Are Positively Associated with Nutrient Intake And Adequacy of Canadian Adults

Tentang Penulis dan Penyunting

Muh. Nur Hasan Syah S.Gz., M.Kes.
UNHAS, Gizi Masyarakat dan Kebijakan Gizi, Dosen, Peneliti
Muh. Nur Hasan Syah yang memiliki nama panggilan Anca merupakan dosen dan peneliti di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Sebelumnya di Tahun 2010 dia telah menamatkan program sarjana dan masternya dengan latar belakang keilmuan pada bidang gizi di Universitas Hasanuddin, Makassar. Anca mengkhususkan fokus studinya pada gizi masyarakat dan kebijakan gizi.
Dipl-Ing Arradi Nur Rizal M.Sc.
Founder, Reviewer, The Science of Gastronomy
Rizal, sebagai pencetus Zywie laboratorium, walaupun memiliki latar belakang di bidang teknik dan bisnis, mempunyai perhatian lebih terhadap pendidikan kesehatan dan gizi di masyarakat. Perhatian ini muncul ketika Rizal sedang mempelajari "The Science of Gastronomy". Sekarang Rizal sedang bekerja di Lund University, Swedia.
Keni Vidilaseris, PhD
ITB-Kimia, Biokimia; PhD- Biologi struktural, Vienna University
Keni adalah seorang peneliti di Departemen Biokimia, Universitas Helsinki, Finlandia sejak tahun 2014. Fokus penelitiannya adalah penentuan struktur protein membran dari parasit penyebab malaria, toksoplasmosis, dan juga sleeping sickness sebagai target pengobatan. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana dan masternya dari program studi Kimia di Institut Teknologi Bandung. Pendidikan Doktoralnya ia...