Siapakah Zywielab ?

Arti Kata Zywie

Żywie adalah dewi kesehatan, penyembuhan, regenerasi dan kelahiran kembali di dalam mitos Slavia (Slavic mythology). Kata Żywie dalam bahasa Polandia artinya adalah nutrisi atau gizi.

Misi Kami

Misi kami adalah memberikan kontribusi dibidang kesehatan, makanan dan gizi. Pada fase pertama perkembangan Zywielab, kami ingin memberikan informasi kesehatan yang mudah di cerna oleh masyarakat dengan referensi-referensi yang berbobot dan ditulis oleh kontributor-kontributor terpercaya dengan latar belakang yang beragam dari bidang kesehatan, gizi dan makanan.

Nilai Kami

Kami berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan masyarakat indonesia.

Sejarah Kami

Zywie laboratorium atau singkatnya Zywielab didirikan pada akhir tahun 2015 atas inisiatif Arradi Nur Rizal yang merasakan adanya kesenjangan informasi di dalam penyebaran informasi gizi yang ada di media. Arradi Nur Rizal merasa bahwa informasi yang ada di dalam media tidak memiliki referensi yang jelas sehingga sulit diketahui validitas informasi tersebut. Selain itu, kredibilitas para penyedia informasi di media pun tidak jelas latar belakang keilmuannya.

Berdasarkan hal tersebut, Arradi Nur Rizal berinisiatif untuk mencari anak-anak muda berbakat yang ingin berkontribusi terhadap penyediaan informasi kesehatan untuk masyarakat. Pada pertengahan tahun 2015, terkumpulah anak-anak muda Indonesia yang sedang menetap di 10 negara yang kemudian dilanjutkan dengan penulisan artikel mengenai gizi makro (macro nutrients) dan mikro (micro nutrients). Anak-anak muda Indonesia tersebut dapat dilihat di daftar kontributor kami. Penjelasan lebih detail dibalik Zywie Laboratorium bisa di temukan di sini.

Kontributor Kami

A. F. Asna S.Gz., M.P.H.
UGM, Gizi, Ilmu Kesehatan Masyarakat
Asna merupakan lulusan S1 Gizi dari Universitas Gadjah Mada dan melanjutkan pendidikan S2 Gizi Masyarakat ditempat yang sama. Asna saat ini bekerja menjadi seorang tenaga pendidik di salah satu Perguruan Tinggi swasta di Bekasi, Jawa Barat.
Afina Nuur F. M. S.Si., M.Sc.
ITB - Mikrobiologi, Lund University - Food Technology and Nutrition
Afina saat ini sedang menjalani masa studi magister di Lund University, Swedia sejak tahun 2014 dengan jurusan Food Technology and Nutrition. Sebelumnya di tahun 2013 ia mendapatkan gelar sarjana pada bidang Mikrobiologi, Institut Teknologi Bandung. Kedua background keilmuan tersebut membuatnya tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai proses fermentasi makanan dan food safety.
Anindhita S. S. S.Gz., M.P.H.
UNDIP - Nutrition science, UGM - nutrition and public health
Lulus tahun 2011, sebagai sarjana gizi kemudian melanjutkan S2 Gizi dan Kesehatan di UGM, dan berkesempatan mendapatkan pertukaran pelajar selama dua semester di Finlandia. Saat ini aktif sebagai mahasiswa dan organisator.
Arienta Rahmania P. S. S.Si., M.Sc. (c)
ITB - Mikrobiologi, Wageningen University - Food Safety
Arien merupakan alumni dari Institut Teknologi Bandung jurusan Mikrobiologi angkatan 2009. Saat ini, ia sedang menjalani tahun keduanya sebagai mahasiswa magister, program studi Food Safety di Wageningen University, Belanda. Food microbiology dan food fermentation adalah bidang yang sudah menarik perhatiannya sejak bangku S1.
Ayunina R. F., Apt., M. Sc.
ITB, Farmasi, Ghent University, Nutririon and Rural Development
Semenjak menempuh pendidikan di Sekolah Farmasi ITB, Ayunina tertarik dengan peran makanan dan gaya hidup dalam penyembuhan dan kesehatan. Hal ini pun mengantarkannya untuk menempuh pendidikan magister di jurusan Nutrition and Rural Development di Ghent University dengan beasiswa dari pemerintah wilayah Flanders, Belgia. Setelah memperoleh gelar masternya di tahun 2016, Ayunina kini mengelola...
Aziz J. S.Gz., M.Gz.
UGM - Nutrition Science, UI - Community Nutrition
Kegiatan sehari-harinya sekarang adalah mahasiswa magister gizi masyarakat dan pendidik gizi yang sangat suka mengutak-atik teknologi komputer. Kecintaannya dengan aktivitas berbagai informasi dan pengetahuan untuk orang lain, khususnya terkait gizi dan kesehatan membuatnya suka dengan kegiatan pendidikan gizi. Saat ini, dia juga aktif dibeberapa organisasi terkait gizi dan kesehatan. Sangat...
Dipl-Ing A. Chrisant R. S.T., M.Sc.
SGU - Food Technology, AgroParisTech, Dublin Institute of Technology, Lund University - Food Innovation and Product Design
Chrisant sekarang sedang memperkaya ilmunya dalam Erasmus Mundus Master Course of Food Innovation and Product Design (FIPDes). Seorang dengan ketertarikan terhadap dunia internasional, Chrisant memanfaatkan setiap kesempatan untuk traveling untuk melihat bagaimana beragam cara orang menjalani hidup. Seringkali juga, traveling membantu Chrisant menemukan kesukaannya yang lain, yaitu makanan.
Dipl-Ing Arradi Nur Rizal M.Sc.
Founder, Reviewer, The Science of Gastronomy
Rizal, sebagai pencetus Zywie laboratorium, walaupun memiliki latar belakang di bidang teknik dan bisnis, mempunyai perhatian lebih terhadap pendidikan kesehatan dan gizi di masyarakat. Perhatian ini muncul ketika Rizal sedang mempelajari "The Science of Gastronomy". Sekarang Rizal sedang bekerja di Lund University, Swedia.
Dipo Wicaksono S.K.M. M.K.M
Universitas Indonesia, Gizi Kesehatan Masyarakat, Dosen, Peneliti
Dipo sekarang bekerja sebagai dosen ilmu gizi di salah satu Universitas Swasta di Jakarta. Selain menjadi dosen, Dipo juga sebagai peneliti, baik peneliti di pemerintah maupun di tempat almamaternya di Universitas Indonesia (UI).
dr. Besthari Anindita Pramitasari
Universitas Indonesia, Dokter
Besthari merupakan dokter umum alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) lulusan tahun 2015 yang memiliki ketertarikan di bidang gizi. Disamping profesinya sebagai dokter, Besthari memiliki ketertarikan sendiri di bidang art & design¸serta entrepreneurship. Besthari telah mengikuti berbagai program dan pelatihan di bidang gizi, art & design, serta entrepreneurship. Saat ini...
dr. T.R. Basuki M.D., M.P.H., Ph.D. (c)
Reviewer, Medical Doctor, Master - Public Health, PhD - Fetal Medicine, Barcelona University, Lund University
Dr. Basuki sekarang sedang menjalankan pendidikan S3 (PhD) di Barcelona Spanyol dan Lund Swedia. Topik S3 Dr. Basuki adalah Fetal Medicine yang merupakan program bersama Barcelona University dan Lund University. Sebelumnya Dr. Basuki juga menempuh pendidikan S2 di bidang Public Health di 3 universitas di eropa dengan beasiswa Erasmus Mundus.
Dr.med. (c) Felicia Sisca
Ludwig-Maximillian Universität München - Humanmedizin
Sisca adalah mahasiswa Indonesia asal Jakarta. Sisca sedang menempuh pendidikan kedokteran di Munich, Jerman di tahun kelima dan tinggal di jerman sejak 2009.
Fasty A. U. S.Gz. M.S.
UGM - Gizi,. Taipe Medical University - Clinical Nutrition
Fasty adalah mahasiswa master di Taipei Medical University yang mendalami bidang clinical nutrition. Sejak menempuh pendidikan sarjana di Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) dengan beasiswa prestasi akademik dari DIKTI, Fasty sudah menekuni bidang sindroma metabolik. Pada tahun 2014, Fasty memperoleh kembali beasiswa dari DIKTI, Beasiswa Pendidikan Pascasarjana...
Ghina S.F. S.E., M.Sc., Cand.Merc.
Aarhus University, Denmark - Business Strategy, Organization, and Leadership
Tertarik di bidang bisnis dan strategi organisasi membawa Ghina mendapatkan beasiswa penuh untuk gelar Master mulai tahun 2014 dari Aarhus University, Denmark. Sebelumnya Ghina mendapatkan gelar strata satu di tahun 2014 di program bisnis manajemen dari Universitas Bakrie dengan beasiswa penuh. Selain belajar bisnis dan manajemen strategi, Ghina memiliki pengalaman bekerja di bidang komunikasi...
I.D.G.S. Deva, S.Si. M.P.H (c)
ITB - Mikrobiologi, Imperial College London - Public Health
Deva saat ini merupakan salah satu mahasiswa magister di Imperial College London dengan jurusan Public Health. Sebelumnya ia lulus dari program studi Mikrobiologi di Institut Teknologi Bandung. Ketertarikan akan penyakit infeksi sejak dari menempuh sarjana, kemudian dibawa dalam jenjang magister dengan mempelajari kesehatan masyarakat yang lebih menekankan pada sisi pencegahan penyakit dalam...
Keni Vidilaseris, PhD
ITB-Kimia, Biokimia; PhD- Biologi struktural, Vienna University
Keni adalah seorang peneliti di Departemen Biokimia, Universitas Helsinki, Finlandia sejak tahun 2014. Fokus penelitiannya adalah penentuan struktur protein membran dari parasit penyebab malaria, toksoplasmosis, dan juga sleeping sickness sebagai target pengobatan. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana dan masternya dari program studi Kimia di Institut Teknologi Bandung. Pendidikan Doktoralnya ia...
Muh. Nur Hasan Syah S.Gz., M.Kes.
UNHAS, Gizi Masyarakat dan Kebijakan Gizi, Dosen, Peneliti
Muh. Nur Hasan Syah yang memiliki nama panggilan Anca merupakan dosen dan peneliti di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Sebelumnya di Tahun 2010 dia telah menamatkan program sarjana dan masternya dengan latar belakang keilmuan pada bidang gizi di Universitas Hasanuddin, Makassar. Anca mengkhususkan fokus studinya pada gizi masyarakat dan kebijakan gizi.
Nabila Prasisti S.Gz (c)
Ilmu Gizi, Universitas Brawijaya
Ketertarikan terhadap dunia kesehatan dan makanan menjadikan Nabila untuk masuk ke jurusan Ilmu Gizi. Minat tersebut sudah muncul semenjak di bangku SMA, melihat betapa terkaitnya makanan dan tubuh manusia. Pada tahun 2015, Nabila menempuh pendidikannya di Universitas Brawijaya.
Rifqi Ahmad Riyanto S.Si., M.Sc.
ITB - Mikrobiologi, KNRTU - Food Technology
Kazan National Research Technological University, Rusia menjadi tempat menempuh pendidikan magister bagi Rifqi saat ini dalam bidang Teknologi Pangan. Selain aktif dalam bidang sains, saat ini juga aktif sebagai relawan untuk salah satu lembaga non-profit yang bergerak di bidang sosial.
Ruth A. A. S.Gz, M.P.H. (c)
Gizi Kesehatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat
Memiliki passion dalam hal kegiatan lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat, menjadi alasan kuat baginya untuk terus menambah ilmu dan pengetahuan. Setelah mengantongi gelar sarjana gizi dari fakultas kedokteran UGM di tahun 2015, ia langsung mengambil jurusan yang sama dan masih di kampus yang sama. Kini ia sedang menyusun tesisnya di bidang gizi dan perkembangan anak. Selain itu, dia juga...
Tessa A. S. B.AS., M.Sc.
Haagse Hogeschool - Process and Food Technology, University of Helsinki - Food Science, Restauranter
Memiliki passion di bidang pangan yang tertanam sejak dini karena usaha rumah makan milik keluarganya. Tahun 2007, hijrah ke Den Haag, Belanda untuk meraih gelar sarjana di bidang Process and Food Technology (Haagse Hogeschool). Melanjutkan magisternya di bidang Food Science di University of Helsinki, Finlandia. Sejak Februari 2014, Tessa kembali ke tanah air untuk mengembangkan bisnis rumah...
Yasmin Nabila M.Sc (c)
Lund University - Food Technology and Nutrition
Setelah lulus dari jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan di Universitas Sebelas Maret, Surakarta di tahun 2015, saat ini Yasmin sedang menjalani tahun keduanya sebagai graduate student di Lund University, Swedia, dengan program Food Technology and Nutrition. Bagi Yasmin, belajar di Swedia memberinya kesempatan untuk belajar lebih jauh mengenai sistem pangan yang berkelanjutan (food sustainability)...