Yogurt, sehat!

Siapa yang belum menikmati asam manisnya yogurt? Bahkan warga di Zaman Perunggu sekitar 6500 tahun yang lalu pun sudah menikmati susu asam ini [1]. Selain rasanya yang unik dan disukai oleh kebanyakan orang dari berbagai negara, ternyata yogurt juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita.

 

Berikut beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan dari yogurt:

  • Gizi yang terkandung pada yogurt pada umumnya mirip dengan gizi dari susu sehingga menjadi sumber yang baik untuk protein, kalsium, fosfor, ribovlafin (vitamin B2), thiamin (vitamin B1), vitamin B12, juga sumber yang cukup untuk asam folat, niacin, magnesium dan seng. Protein yang tersedia di susu asam ini juga cukup lengkap, terdiri dari berbagai asam amino esensial serta mineral dan vitaminnya juga bisa langsung diserap oleh tubuh [2]. Sehingga dengan mengonsumsi satu jenis makanan ini, kita bisa mencukupi beberapa gizi yang dibutuhkan tubuh kita.
  • Bagi kita yang memiliki alergi susu (lactose intolerance), masih bisa menikmati rasa dan manfaat yogurt karena laktosa yang terkandung di yogurt bisa ditoleransi oleh mereka yang memiliki alergi ini. Untuk lebih lengkapnya tentang alergi susu, bisa membaca di artikel ini.
  • Kelebihan berat badan hingga obesitas bisa mencoba mencicipi susu asam ini. Sebuah penelitian [3] menunjukkan senyawa bioaktif di dalam susu asam ini bekerja bersama kalsium untuk menurunkan pembentukan sel lemak adiposit di dalam tubuh kita.
  • Perut kita tidak bekerja sendiri. Taman bermain yang berisi berbagai mikroorganisme ini hidup saling berinteraksi. Mereka membantu kita mengonsumsi makanan yang masuk. Yogurt yang juga mengandung bakteri yang masih hidup ini juga akan berjumpa dengan teman-temannya di perut kita. Bekerja sebagai probiotik (mikroorganisme hidup yang dapat dikonsumsi serta memberikan nilai tambah kesehatan untuk tubuh), yogurt membantu kita untuk tercegah dari penyakit perut seperti diare dan infeksi perut. [4]

 

Nikmat, tanpa repot dan sehat. Yogurt bisa menjadi salah satu pilihan dalam meningkatkan nilai kesehatan kita.

Disclaimer: Artikel yang terkandung dalam situs ini disajikan untuk digunakan sebagai informasi tambahan. Artikel di dalam situs zywielab.com ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan perawatan medis profesional atau rekomendasi terhadap suatu individu dari ahli gizi profesional. Artikel yang ada di dalam situs ini tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk diagnosis atau pilihan pengobatan. Semua pengobatan yang anda lakukan harus berdasarkan rekomendasi dari dokter dengan pemeriksaan secara langsung. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain kecuali jika diberikan referensi secara spesifik. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan. Jika Anda menemukan sesuatu yang harus diperbaiki dalam artikel ini, silakan hubungi kontak@zywielab.com

 

Lisensi: Lisensi artikel ini adalah Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan (BY-NC-ND): Pencipta diberi kredit dan hanya karya verbatim saja untuk tujuan nonkomersial saja. Untuk lisensi komersial dan edukasi silahkan menghubungi kami di lisensi@zywielab.com

Referensi

Tentang Penulis dan Penyunting

Rifqi Ahmad Riyanto S.Si., M.Sc.
ITB - Mikrobiologi, KNRTU - Food Technology
Kazan National Research Technological University, Rusia menjadi tempat menempuh pendidikan magister bagi Rifqi saat ini dalam bidang Teknologi Pangan. Selain aktif dalam bidang sains, saat ini juga aktif sebagai relawan untuk salah satu lembaga non-profit yang bergerak di bidang sosial.
Dipl-Ing Arradi Nur Rizal M.Sc.
Founder, Reviewer, The Science of Gastronomy
Rizal, sebagai pencetus Zywie laboratorium, walaupun memiliki latar belakang di bidang teknik dan bisnis, mempunyai perhatian lebih terhadap pendidikan kesehatan dan gizi di masyarakat. Perhatian ini muncul ketika Rizal sedang mempelajari "The Science of Gastronomy". Sekarang Rizal sedang bekerja di Lund University, Swedia.